Senin, 11 Februari 2013

Tata Bahasa - Menyatakan Kepemilikan Benda 1

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...
 
Partikel �no� mempunyai banyak fungsi dalam Bahasa Jepang. Sebagian dari fungsi partikel no tersebut sudah dibahas pada pelajaran sebelumnya. Pada bagian ini anda akan belajar kembali mengenai fungsi partikel no yang lain, yaitu untuk menyatakan kepemilikan suatu benda.
Ini sepeda.
: Kore wa jitensha desu.
  ???????????
Ini sepeda (punya) saya.
: Kore wa watashi no jitensha desu.
  ???????????????
Ini sepeda (punya) Tino.
: Kore wa Tino san no jitensha desu.
  ?????????????????
Apakah ini sepeda (punya) kamu?
: Kore wa anata no jitensha desu ka.
  ????????????????
Iya, punya saya.
: Hai, watashi no desu.
  ??????????
Iya, sepeda punya saya.
: Hai, watashi no jitensha desu.
  ???????????????
Bukan, bukan punya saya.
: Iie, watashi no ja arimasen.
  ????????????????
Bukan, bukan sepeda punya saya.
: Iie, watashi no jitensha ja arimasen.
  ?????????????????????
Ini bukan sepeda punya saya.
: Kore wa watashi no jitensha ja arimasen.
  ????????????????????
 Catatan: Untuk menyatakan kepemilikan digunakan partikel �no�. Partikel no pada konteks diatas diartikan �punya atau milik�. Apabila konteksya sudah jelas, kata bendanya dapat dihilangkan.

Contoh Lain:

� Sore wa Yamada san no kamera desu.
  ???????????????
Itu kamera Yamada.
� Sore wa anata no keitai denwa desu ka.
  ?????????????????
  ... Hai, watashi no desu.
      ??????????
  ... Iie, watashi no ja arimasen.
      ????????????????
Apakah itu HP kamu?

... Iya, punya saya.

... Bukan, bukan punya saya.
� Kore wa otoosan no kuruma ja arimasen.
  ????????????????????
Ini bukan mobil punya ayah.
 
Latihan 1:

Kore wa hon desu. (Watashi) Kore wa watashi no hon desu.
1. Sore wa pen desu. (Yamada san)
2. Are wa kuruma desu. (Otoosan)
3. Kore wa kamera desu. (Tomodachi)
4. Sore wa jitensha desu. (Brian san)
5. Kore wa terebi desu. (Watashi)
6. Are wa baiku desu. (Imooto san)
7. Kore wa konpyuuta. (Otooto san)
8. Sore wa te-pu desu. (Tomodachi)


Latihan 2:

A:
Kore wa anata no akaban desu ka.
??????????????
Apakah ini tas (punya) kamu?
B: 
Iie, chigaimasu.
?????????
Bukan.

Sore wa bYamada san no desu.
????????????
Itu punya Yamada.
A:
Soo desu ka.
??????
Oh, begitu.

1.  

a. Tokei

b. Brian san
2. a. Kasa b. Okaasan
3. a. Shinbun b. Otoosan


Prev(Tata Bahasa - Menanyakan Pilihan)
Next(tata Bahasa - Menyatakan Kepemilikan Benda 2 )

Source: ( http://freejapanese.org/media.php?module=detailmateri&id=48 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar