Selasa, 12 Februari 2013

Artikel - Tips Berbicara huruf Z (Terakhir)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...


Bicara mengenai huruf Z, saya teringat zaman kuliah dulu. Dosen saya meminta siswa untuk membuat kalimat dari kata �Joozu� (Joozu berarti pintar dalam bahasa Jepang). Dengan semangat, saya tunjuk tangan dan langsung membuatkan kalimat dari kata tersebut. �RIJAL san wa nihongo ga �JOOJU� desu� (Rizal pintar bahasa Jepang).


Sesaat setelah itu, beliau meminta saya untuk mengulangi kalimat tersebut. Saya berfikir dalam hati �wah pasti ada yang ngak beres dengan kalimat yang saya buat�. Setelah beberapa kali mengucapkan �Joozu� dengan �jooju� akhirnya saya diminta untuk berdiri dan mengucapkan kata itu sebanyak 10x. Haduuuh, nyesel banget pakai tunjuk tangan segala ^_^


Oke, buat kamu yang agak sulit mengucapkan kata �Z�, yu kita berlatih dialog ini:


A: Nihongo, joozu desu ne. (?????????)

B: Iie, mada-mada desu. Rizal san, dekiru? (?????????????????????

A: Iie, zenzen dekinai. (??????????)

B: Zannen desu ne. (?????)


Kosakata:

  • Nihongo: Bahasa Jepang
  • Joozu: pintar
  • ~ desu ne: ~ ya...
  • Iie, mada-mada desu: belum seberapa kok (ungkapan ketika dipuji, orang Jepang selalu menyangkal ketika dipuji)
  • Dekiru? : bisa?
  • Zenzen: sama sekali
  • Dekinai: tidak bisa
  • Zannen desu ne: Sayang sekali...
Prev(Artikel - Kamu, kamu dan kamu)

Ke Materi Awal

Nah itulah, materi-materi belajar bahasa jepang yang saya ambil dari freejapanese.org  semoga bisa membantu buat sobat yang sedang ingin belajar bahasa jepang mulai dari nol,.

sekali lagi terimakasih untuk situs freejapanese.org. Arrigato Gozaimasu ^_^

Download Kamus Jepang Indoensia Free

Source: ( http://www.freejapanese.org/media.php?module=detailmateri&id=118 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar