Sobat Zazuly's Blog , untuk bermain rubiks diperlukan Notasi agar kita mudah memahami algoritma nya,
dan Setiap sisi pada rubik ditulis dengan notasi sebagai berikut:
U = sisi atas (up)
D = sisi bawah (down)
F = sisi depan (front)
B = sisi belakang (back)
L = sisi kiri (left)
R = sisi kanan (right)
E = layer di antara U dan D (equator)
M = layer di antara L dan R (middle)
S = layer di antara F dan B (side)
Apabila kamu menemukan notasi rumus rubik yang diberi tambahan tanda aksen (�), berarti sisi/layer tersebut diputar berlawanan dengan arah jarum jam (Counter Clock Wise/CCW). Sedangkan bila tanpa tanda aksen, putarlah sisi searah dengan jarum jam (Clock Wise/CW). Untuk menentukan arah putar CW atau CCW, hadapkanlah sisi yang dimaksud ke arah mata kita.
Setiap notasi yang ditambahkan angka 2 di belakangnya, berarti sisi/layer tersebut diputar 180 derajat atau setengah putaran.
Berikut ini ilustrasi lengkap untuk setiap notasi. Warna biru berarti layer tersebut yang harus diputar.
- Single Turn
Notasi | Gerakan | Notasi | Gerakan | |
U | U� | |||
D | D� | |||
F | F� | |||
B | B� | |||
L | L� | |||
R | R� |
- Double Layer Turn
Notasi | Gerakan | Notasi | Gerakan | |
u | u� | |||
d | d� | |||
f | f� | |||
b | b� | |||
l | l� | |||
r | r� |
- Slice Turn (Gerakan Memotong)
Notasi | Gerakan | Notasi | Gerakan | |
M | M� | |||
E | E� | |||
S | S� |
- Cube Rotation (Memutar Keseluruhan Cube)
Notasi | Gerakan | Notasi | Gerakan | |
x | x� | |||
y | y� | |||
z | z� |
Contoh:
(R U� R U) (R U) (R U�) (R� U� R2) Tanda kurung ( ) pada semua notasi dalam buku ini berfungsi untuk mengelompokkan dan menggambarkan gerakan trigger/combo moves pada fingertrick. Dengan cara memisah-misah algoritma ke dalam grup seperti ini juga akan mempermudah proses menghapal. Notasi ini direpresentasikan dengan urutan gambar berikut:
Source :(http://www.abelbrata.com/2012/05/notasi-rumus-rubik/)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar